Senin, 16 Januari 2012

Mengatasi Ngorok pada Anak

Tanya :
Rina Susilowati - Sawojajar
Dok, anak saya hampir setiap malam tidurnya ngorok. Apa yang menjadi penyebab tidur ngorok pada anak saya dan bagaimana solusinya?
Jawab :
Dr. Sujut Winartoyo
Lab/SMF Ilmu Kesehatan THT-KL FKUB -  RSSA Malang
Bu Rina, tidur ngorok pada anak merupakan salah satu tanda adanya sumbatan jalan nafas saat tidur atau dalam istilah medis disebut Obstructive Sleep Apnea (OSA). OSA pada anak sering berkaitan dengan munculnya gangguan kardiovaskuler, metabolic, dan neurokognitif.
Ada perbedaan antara OSA pada anak dan orang dewasa, pada anak sering berhubungan dengan pembesaran jaringan adenoid dan tonsil, tapi juga bisa berhubungan dengan kelainan jalan nafas atas lainnya, seperti ukuran rongga mulut yang kecil, penurunan tonus jalan nafas atas, kelainan kraniofasial, atau juga bisa dikarenakan obesitas/ kegemukan.
Diagnosis dan penanganan OSA pada anak sangat penting karena bisa menimbulkan komplikasi seperti hambatan pertumbuhan, kelainan jantung paru, gagal jantung, bahkan kematian.
Untuk mengatasinya, Bu Rina bisa membawa putra ibu ke dokter untuk pemeriksaan. Jika OSA yang dialami putra ibu tergolong OSA ringan, maka langkah yang selanjutnya diambil adalah pengangkatan adenoid dan tonsil. Namun, jika OSA putra ibu tergolong berat, maka aka nada langkah lain yang akan dilakukan dibawah anjurn dokter. Semoga bermanfaat dan cepat bisa teratasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Advertisment

Viewers

Blogger templates