Kamis, 12 Januari 2012

Cokelat, si Manis yang Bermanfaat

Cokelat merupakan makanan yang banyak digemari oleh wanita. Hal ini sepadan dengan manfaat-manfaat cokelat bagi kesehatan dan kecantikan. Cokelat dengan kandungan kakao sebesar 70% kaya akan antioksidan berupa fenol dan juga flavonoid. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.
Cokelat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS).
Dalam cokelat juga terkandung katekin yang dapat mencegah penuaan dini, maka tidak heran bila saat ini berkembang lulur coklat yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Kandungan yang terdapat dalam coklat memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya berfungsi untuk menjaga kelembutan, melembapkan, mengencangkan dan memperhalus kulit. Coklat juga dapat memperlambat penuaan pada kulit, termasuk mencegah kerutan pada wajah.
            Banyak cokelat yang beredar di pasaran dan memiliki harga yang beragam pula. Namun yang paling baik adalah Dark Chocolate karena cokelat jenis ini mengandung biji kakao paling banyak dibandingkan White Chocolate dan Milk Chocolate. Sedangkan White Chocolate dan Milk Chocolate lebih banyak mengandung gula yang mengakibatkan kegemukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Viewers

Blogger templates