Senin, 16 Januari 2012

Sehat ala sepatu High Heels

Tampil cantik dan fashionable adalah harga mati bagi seorang wanita. tidak heran mereka akan melakukan apapun untuk mempercantik diri dan terlihat fashionable. Salah satunya dalam urusan memilih sepatu. Sebagian besar kaum hawa cenderung lebih suka mengenakan sepatu higheels dibanding jenis sepatu lainnya. Sepatu tumit tinggi ini dianggap bisa menunjang penampilan mereka yang kurang percaya diri. Namun, ada bahaya  di balik pemakaian higheels  yang salah?
Ditulis oleh. Tri sulistiowati
 Sudah tidak diragukan lagi, higheels mampu memberikan kesan seksi dan eksklusif bagi pemakainya, karena kaki akan terlihat lebih ramping dan jenjang. Tak hanya itu, dengan memakai higheels ternyata dapat membantu memperbaiki otot panggul dan pantat lebih terangkat. Sebuah penelitian di Italia juga menunjukkan bahwa, pada tubuh wanita yang menggunakan higheels menunjukkan adanya aktivitas elektrik pada otot dasar panggul. Postur yang dihasilkan dengan menggunakan sepatu hak ini akan membuat otot dasar panggul berada pada posisi optimal. Tapi, manfaat tadi akan berubah menjadi petaka bila higheels ini dipakai setiap hari.
dr. Thomas Erwin C.J.Huwae SpO.T, dokter spesialis bedah Orthopedi & Traumatologi mengemukakan pemakaian higheels setiap hari dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan kaki. Sebab, kaki dipaksa berada pada kondisi yang tidak normal untuk jangka waktu tertentu. “Misalnya, sulit berjalan, langkah kaki semakin pendek, pengetatan, pemendekan tendon ( jenis otot dalam tubuh manusia), dan nyeri di bagian kaki, bila hal ini dibiarkan berlarut-larut bisa terjadi komplikasi,” paparnya.

Namun, bukan berarti kita tidak boleh pakai higheels. Kita bisa saja, asalkan mengikuti anjuran yang disarankan. Menurut dokter yang berpraktik di RSU Dr. Saiful Anwar ini mengatakan bahwa pemakaian higheels yang benar akan membantu terapi pada kaki. “Higheels pun bisa digunakan terapi pada kaki wanita yang lebar, agar terlihat lebih indah. Namun, dengan ketinggian 1 inchi saja,” ujar dokter sekaligus Dosen Kedokteran ini.
dr. Thomas menyarankan untuk memilih sepatu yang cocok dan nyaman. “Bila kita bisa berlari menggunakan sepatu itu, tandanya sepatu itu nyaman buat Anda. Usahakan pemakaian sepatu Anda lebih bervariatif setiap harinya. Misalnya, hari ini pakai sepatu higheels, besok gunakan sepatu flat agar kaki bisa lebih relax. Jangan lupa agar tetap nyaman dan aman, pilihlah sepatu berhak rendah dengan ketinggian antara 1-1.5 inchi. Karena, makin tinggi hak sepatu Anda, semakin tinggi pula resikonya kelak,” tambahnya saat ditemui di kediamannya.
Kodratinya, fungsi sepatu untuk penopang tubuh. Jadi, yang penting adalah nyaman dan menyehatkan. Buat apa gaya tapi menyiksa diri?? .. Ayo variasikan penggunaan sepatu kita. Lakukan satu langkah tindakan pencegahan untuk menghindari masalah kesehatan kaki di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Viewers

Blogger templates