Senin, 16 Januari 2012

Bagaimana Mencegah Diabetes Mellitus?

Tanya :
Pak Sudarsono – Batu
Dok, beberapa hari yang lalu saya mendapat teguran dari istri saya karena makan makanan yang manis-manis. Dia bilang kalau dia takut saya terkena diabetes. Tapi saya tetap memakannya karena kebetulan itu makanan kesukaan saya. Yang saya tanyakan, bagaimana ya dok biar saya bisa tetap makan makanan kesukaan saya tanpa harus takut terkena diabetes seperti yang dikhawatirkan istri saya? Atas jawaban dokter sasa sampaikan terima kasih.
Jawab :
Kletus Haji, SST
Instalasi Gizi RSU Saiful Anwar Malang
                Saya senang bapak peduli dengan kesehatan bapak dengan melakukan tindakan preventif dengan bertanya tindakan pencegahan untuk penyakit diabetes. Kalau seseorang sudah berumur lebih dari 45 tahun, mempunyai riwayat keluarga menderita kencing manis, lahir dengan berat badan kurang dari 2,5 kg, pernah menderita kencing manis selama hamil (bagi wanita), mempunyai penyakit darah tinggi, kolesterol, berat badan berlebih, terutama gemuk perut, dan kurang beraktifitas, orang tersebut sangat beresiko untuk terkena kencing manis atau diabetes.
                Cara mencegahnya adalah dengan cara-cara sebagai berikut :
1.       Diet sehat (gizi seimbang, jadwal makan teratur, jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan harus diperhatikan)
2.       Latihan jasmani (jalan kaki, jalan cepat, bersepeda, berenang)
3.       Menurunkan berat badan
4.       Stop merokok
Jangan lupa untuk kontrol kadar gula dalam darah Pak Darsono secara rutin tiap 6 bulan sekali di laboratorium. Dalam keadaan normal, kadar gula dalam darah 80 mg% - 120mg%, sedangkan 1 jam sesudah makan akan meningkat menjadi 170 mg%. Setelah 2 jam akan turun lagi sampai 140 mg%. Terkait kebiasaan bapak, boleh-boleh saja memakan makanan manis, namun seiring dengan bertambahnya usia dan semakin rentannya terkena diabetes, batasi jumlahnya.
Semoga jawaban saya cukup memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Viewers

Blogger templates