Senin, 19 Desember 2011

Diet Penderita Kanker

Tanya :

ADE-Singosari
Waktu minggu lalu saya periksa ke rumah sakit ternyata dokter mengatakan kalau saya terkena kanker. Dokter menyuruh saya untuk diet, tapi saya masih bingung dietnya untuk apa dan apa yang harus saya makan. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jawab :

Dr. Reni Widya Anggarini, S.Gz.
RSUD Saiful Anwar Malang

Mas Ade, kalau mas Ade sudah divonis dokter terkena kanker, tentu nutrisi yang Anda asup juga harus seimbang baik jumlah maupun gizinya. Gunanya apa? Ini untuk membantu pasien merasa lebih nyaman, mencegah penurunan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan mengurangi pengaruh efek samping terapi pengobatan yang Anda jalani.
Sedangkan anjuran diet dimaksudkan untuk mendapat status gizi yang optimal dan juga mempertahankannya. Selain itu diet juga menghambat penurunan berat badan pasien, mengatasi keluhan makan, mengupayakan perilaku sehat terhadap makanan. Untuk memenuhi tujuan itu, makanan yang harus mas Ade pilih adalah yang tinggi kalori dan tinggi protein. Tapi juga jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan lemak cukup, karbohidrat cukup, serat cukup, mineral zinc dan selenium, vitamin terutama vit B komplek, A, C dan E.  
Saya beri informasi juga bahan makanan yang bisa menghambat pertumbuhan kanker, diantaranya:
1.      Makanan tinggi serat (biji-bijian, sayur, buah)
2.      Sayuran hijau dan kuning (wortel)
3.      Sayuran cruciferous (kembang kol, kubis, brokoli)
4.      Makanan tinggi kalsium
5.      Buah segar dan jus buah
6.      Phito esterogen pada kedelai
7.      Makanan dan minuman yang mengandung fitokimia (teh hijau, bawang merah dan bawang putih).

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisment

Viewers

Blogger templates